Uncategorized

Penyakit HVI

Penyebab HIV adalah virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Virus HIV ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, yaitu darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan HIV dapat terjadi melalui:

  • Hubungan seksual tanpa kondom: Hubungan seksual tanpa kondom, baik vaginal, anal, maupun oral, dapat menyebabkan penularan HIV.Berbagi jarum suntik: Berbagi jarum suntik yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi HIV dapat menyebabkan penularan HIV.Dari ibu ke anak: Ibu yang terinfeksi HIV dapat menularkan virus HIV kepada bayinya selama kehamilan, persalinan, atau menyusui.

Orang yang terinfeksi HIV tidak akan langsung menunjukkan gejala. Gejala HIV biasanya baru muncul setelah beberapa tahun, yaitu saat sistem kekebalan tubuh sudah melemah. Gejala HIV yang umum terjadi meliputi:

  • DemamLelahPembengkakan kelenjar getah beningDiarePembengkakan rongga mulutSariawan

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, seperti tes darah, untuk mendiagnosis HIV.HIV tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat diobati dengan antiretroviral (ARV). ARV adalah obat-obatan yang bekerja dengan cara menekan replikasi virus HIV. Dengan pengobatan ARV, orang yang terinfeksi HIV dapat hidup sehat dan produktif.Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah penularan HIV:

  • Gunakan kondom saat berhubungan seksual.Hindari berbagi jarum suntik.Ibu yang terinfeksi HIV harus mendapatkan pengobatan ARV selama kehamilan dan menyusui.

Penting untuk diingat bahwa HIV bukanlah hukuman. HIV adalah penyakit yang dapat dicegah dan diobati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *